Sejarah perkembangan Oracle

Minggu, 28 November 2010

IV.Penggunaan Oracle


Oracle Database banyak dipergunakan diberbagai bidang diantranya:
1.Dunia perbankan.
             Aplikasi RaiseCALL, merupakan sebuah solusi call centre terlengkap pertama yang dikembangkan oleh perusahaan lokal bagi industri perbankan di Indonesia. Aplikasi RaiseCALL ini menggunakan teknologi Oracle Siebel, yang memiliki berbagai solusi yang dapat meningkatkan efektifitas nasabah bank. Aplikasi RaiseCALL memiliki fitur layanan perbankan, seperti call centre, berbagai informasi saat melakukan panggilan telepon baik pengecekan saldo, komplain, penutupan rekening, pembayaran kartu kredit, pembelian tiket, dan top up. Aplikasi RaiseCALL memyediakan pencarian dengan Identical Key yang dapat menampilkan daftar informasi keuangan nasabah, verifikasi data nasabat, fitur keamanan dalam blokir produk seperti ATM, kartu kredit, token, tabungan, Internet Banking, Mobile Banking, hingga SMS Banking. Saat ini Aplikasi RaiseCALL telah diimplementasikan di dunia perbankan.
2.Bidang pemerintahan
Penerapan system Oracle di bidang pemerintahan salah satunya adalah dengan system e-government, dimana system ini menyediakan lebih dari 20 aplikasi yang berbasis web atau dapat diakses melalui Internet yang diantaranya mencakup aplikasi pendidikan, pariwisata, perikanan, peternakan, perkebunan, pertanian, informasi hukum, kepegawaian, pendapatan daerah, e-Arsip, e-Office, SMS Center, e-Libray dan  aplikasi kantor maya (virtual office). Adapun sejumlah aplikasi lain diantaranya aplikasi sistem informasi manajemen keuangan daerah (Simkeuda) dan aplikasi layanan publik termasuk untuk kebutuhan perizinan seperti izin usaha atau izin mendirikan bangunan dan lain-lain.Dimana manfaat dari penerapan system ini tidak hanya efisiensi dalam hal biaya dan fleksibilitas, tetapi juga memungkinkan layanan pemerintah menjadi lebih inovatif, terintegrasi, dan cerdas dengan memadukan kemampuan analisis dan business intelligence ke dalam kesatuan operasi sehingga organisasi pemerintah dapat memantau kinerja instansi dan program atau kebijakan publik.

3.Bidang pendidikan
Pendidikan merupakan industri strategis kunci untuk Oracle, yang didukung oleh salah satu strategi terbesar  unit pengembangan di dalam Oracle, dan memiliki kelompok  pengguna paling berpengaruh dari semua kelompok  pengguna Oracle. Dengan  lebih dari 900 dan 4300 pengguna aplikasi teknologi pendidikan Oracle di seluruh dunia memiliki basis referensi beragam termasuk  9 dari 10 universitas terkemuka akademis dan 10 dari 10 universitas penelitian. Oracle memiliki Development Program yang menyediakan pelatihan Oracle sesuai standar kurikulum Oracle University pada institusi pendidikan yang ditujukan untuk sertifikasi dan program non-gelar, agar siswa atau mahasiswa dapat mempersiapkan dirinya lebih matang sebelum terjun ke masyarakat dalam menerapkan teknologi Oracle. Sertifikasi Oracle menjadi penting manakala banyak enterprise besar dunia saat ini membutuhkan banyak keahlian profesional dibidang teknologi informasi.
Dalam dunia pendidikan aplikasi Oracle di gunnakan pula sebagai penunjang kegiata belajar dan mengajar siswa dan mahasiswa. Sebagai contoh  untuk penerimaan mahasiswa online,pengenalan sekolah,administrasi keuangan ,pengenalan bidang study,layanan  interactive voice response (IVR),dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar